Linkkoe My Id

Peristiwa, Literasi, Edukasi, Buku, Game, Tips, Serba-Serbi

Tuesday, 10 November 2020

Alasan Mengapa Kamu Memiliki Hubungan Tidak Bahagia

Posted by Admin on Tuesday, 10 November 2020

Alasan Mengapa Kamu Memiliki Hubungan Tidak Bahagia


Alasan Mengapa Kamu Memiliki Hubungan Tidak Bahagia



Alasan Mengapa Kamu Memiliki Hubungan Tidak Bahagia - Kecemasan hubungan mungkin menjadi masalah yang Kamu hadapi, tetapi kemungkinan besar, Kamu tidak tahu banyak tentang hal itu. Ini adalah jenis kecemasan yang menghalangi ikatan yang sehat dan memuaskan dengan orang lain.

Jika Kamu mengalami kecemasan dalam hubungan, penting untuk menyadarinya. Tanpa kesadaran diri, Kamu akan gagal berkomitmen pada seseorang dan hubungan Kamu akan berumur pendek.

Dalam artikel ini, kita akan melihat alasan mengapa kecemasan dalam hubungan terjadi, dan bagaimana Kamu bisa mulai menangani masalah ini. Merupakan tanggung jawab Kamu untuk mengatasi kecemasan Kamu untuk memastikan bahwa Kamu tidak mulai membangun keluarga di atas emosi negatif seperti ketakutan.

Apa itu kecemasan hubungan

Jika orang tua seseorang tidak memberi mereka cinta dan perhatian yang mereka butuhkan sebagai seorang anak, mereka tumbuh dalam kebingungan dan tidak aman.

Selain itu, jika kedua orang tua menghadapi masalah kesehatan mental mereka sendiri dan tidak dapat memenuhi kebutuhan anak-anak mereka, anak-anak ini mengambil keyakinan yang salah bahwa mereka tidak layak mendapatkan cinta, dukungan, dan perhatian.

Selain merasa tidak layak dan tidak aman, mereka mungkin juga kesulitan memercayai orang. Mereka tumbuh dengan mengharapkan orang lain menyakiti mereka atau melanggar batasan seperti yang dilakukan orang tua mereka sendiri.

Jika orang-orang ini menghindari konflik dan menjauhkan diri dari orang yang mereka cintai saat mereka seharusnya intim, mereka mungkin cemas dalam suatu hubungan.

Penyebab kecemasan hubungan: Gaya keterikatan Kamu

Kecemasan ini memanifestasikan dirinya melalui perilaku keterikatan. Menurut Lisa Firestone, Ph.D, ada empat jenis perilaku keterikatan:

Satu: aman

Anak yang aman dan dihibur oleh ibunya sebagai seorang anak akan memiliki keterikatan yang aman dengan orang lain. Kebutuhan orang-orang ini terpenuhi segera setelah mereka mengungkapkannya. Mereka merasakan pengakuan dari orang tua mereka atas siapa mereka dibesarkan. Pengakuan ini menciptakan keamanan dan kenyamanan batin tentang siapa mereka.

Dalam hubungan romantis, mereka merasa aman dan percaya orang lain ada untuk mereka pada saat dibutuhkan. Mereka mengakui individualitas dan kemandirian pasangannya, tetapi pada saat yang sama, dapat mengatakan 'Saya ingin Kamu menjemput saya dari tempat kerja' atau 'Saya merasa sangat sedih karena kucing Kamu sekarat. Ini mengingatkan saya pada seekor anjing yang saya tumbuh yang jatuh sakit. Saya sangat merindukannya.'

Kemelekatan yang menyibukkan dengan cemas

Dalam hal ini masyarakat dibuat percaya bahwa kebutuhannya sebagai seorang anak tidaklah penting. Mungkin, kapan pun mereka marah atau terluka, ibu mereka menjauh dari mereka alih-alih menghibur mereka.

Ini membuat mereka merasa tidak aman saat tumbuh dewasa. Mereka tidak pernah diajari bagaimana mengatasi emosi, yang melemparkan mereka ke dalam siklus pertarungan atau pelarian. Ketika mereka diajari bahwa emosi tidak penting, mereka menjadi takut padanya.

Jadi, ketika orang-orang ini dilanda gelombang kemarahan dan mereka tidak tahu bagaimana mengungkapkannya atau mengkomunikasikannya kepada orang lain, mereka menahannya. Itu mengarah pada rasa cemas yang luar biasa karena pikiran berpikir bahwa mereka mencoba melepaskan diri dari emosi yang sangat berbahaya.

Dua: Penghindaran yang meremehkan

Seseorang yang memiliki gaya keterikatan menghindar yang meremehkan mungkin tidak tersedia secara emosional. Orang-orang dalam kategori ini menyangkal pentingnya orang yang mereka cintai dan membuat mereka merasa tidak dicintai dengan mengabaikan mereka.

Mereka juga menepis konflik seolah mereka tidak penting untuk pertumbuhan hubungan.

Kemelekatan menghindar yang menakutkan

Mereka yang memiliki gaya keterikatan menghindar yang menakutkan terjebak dengan perasaan ambivalen: mereka mendambakan cinta dan perhatian dari kekasihnya tetapi takut membiarkannya terlalu dekat.

Mereka pasti menginginkan pasangannya tetapi mereka takut terlalu dekat dengan inti keintiman. Mereka berpikir bahwa intinya akan membakar mereka dan mereka akan kecewa dan terluka. Mereka mencoba menghindari kekecewaan ini dengan 'melarikan diri' dari orang yang mereka cintai. Menghindari perasaan, pikiran dan masalah hubungan adalah apa yang mereka lakukan.

Jika Kamu tipe ini, Kamu tidak sendiri. Saya juga terkadang takut terikat pada orang, terutama pria. Gagasan bahwa saya akan kecewa dengan mereka seperti ibu saya sendiri mengecewakan saya sungguh memilukan. Namun, Kamu harus tahu bahwa ada cara untuk mengelola perasaan yang menghancurkan ini.

Cara mengatasi kecemasan dalam hubungan (menciptakan hubungan yang bahagia)

Bahkan jika Kamu kecewa dengan seseorang yang Kamu cintai dan percayai, Kamu bisa mengatasi ini. Ini bukan akhir dunia jika pasangan Kamu melakukan sesuatu yang menyakitkan. Kamu akan hidup!

Kamu dapat mengikuti tip di bawah ini untuk menjadi lebih baik dalam menjaga kecemasan hubungan Kamu dan bahkan menumbuhkan kebahagiaan dan kepuasan.


1. Ketahuilah bahwa Kamu memiliki masalah

Kamu memiliki kecemasan dalam hubungan dan, dengan mengakui fakta ini, Kamu akan menumpahkan kebingungan yang telah Kamu bawa selama bertahun-tahun. Kamu tidak akan lagi bertanya pada diri sendiri Mengapa saya begitu buruk dalam hubungan?

2. Cari tahu apa gaya keterikatan Kamu

Jika Kamu adalah seorang penghindar yang menakutkan, Kamu mungkin ingin memikirkan cara untuk menghadapi ketakutan hubungan Kamu.

Kembalilah secara mental ke masa kecil Kamu dan ingat bagaimana hubungan Kamu dengan ibu Kamu. Apakah Kamu senang bersamanya? Apakah kamu banyak bermain dengannya? Apakah dia peduli pada Kamu saat Kamu marah, takut atau sedih atau menghukum Kamu karena menunjukkan emosi manusiawi yang alami? Buat jurnal untuk mendokumentasikan kenangan ini.

3. Tantang diri Kamu sendiri

Jika Kamu cukup berani, tantang gaya keterikatan Kamu dengan mencari pasangan dan teman yang sehat secara emosional.

Pergilah ke tempat orang-orang ini biasanya berkumpul dan cobalah untuk terhubung dengan mereka. Bisakah kamu melakukan itu? Mengapa? Kenapa tidak? Bagaimana perasaan Kamu selama tantangan ini?

4. Berlatih fokus 

Ketika Kamu mengalami kecemasan dalam hubungan, Kamu mengalihkan fokus dari tubuh, kebutuhan, dan emosi Kamu ke kebutuhan, pikiran, dan emosi pasangan Kamu. Kamu khawatir tentang apa yang mungkin dia pikirkan tentang Kamu atau Kamu mencoba untuk tidak membuat mereka kesal sehingga mereka tidak akan meninggalkan Kamu untuk orang lain.

Alih-alih menjadi kodependen, luangkan lebih banyak waktu sendirian untuk menjadi mandiri. Carilah kelompok pendukung yang menangani perilaku tidak sehat seperti kodependensi (jika Kamu memiliki kecemasan dalam hubungan, Kamu mungkin kodependen) dan hubungan beracun atau narsistik .


5. Biasakan bertanya pada diri sendiri setiap hari 'Bagaimana perasaan saya hari ini?'

Apakah Kamu marah, bersemangat atau sedih tentang peristiwa terkini dalam hidup Kamu? Jika Kamu berada dalam hubungan tak sehat, tanyakan pada diri Kamu bagaimana reaksi tubuh terhadap pasangan Kamu? Apa yang dikatakan intuisi Kamu tentang dia? Apakah kamu senang dengannya? Apakah Kamu akan merasa lebih baik jika Kamu sendirian?

Gunakan jurnal Kamu untuk menandai perasaan Kamu dan membangun hubungan yang lebih positif dengan pikiran Kamu. Kamu juga bisa memasukkan meditasi ke dalam jadwal harian Kamu untuk merasa lebih nyaman dengan perasaan yang sulit.

6. Lebih baik lagi, carilah bantuan dari terapis

Cari bantuan dari terapis yang berpengalaman dalam hubungan keluarga dan trauma. Dia akan tahu cara terbaik untuk bergerak maju dari posisi Kamu sekarang.


Kumpulkan keberanian Kamu untuk menghadapi kecemasan dalam hubungan

Tidaklah mudah untuk mengatasi kecemasan dalam hubungan setiap kali Kamu berkencan dengan seseorang yang baru. Tetapi mengetahui bahwa Kamu mempelajari kecemasan ini dari hubungan Kamu dengan orang tua atau pengasuh Kamu akan meringankan beban dada Kamu. Kamu dapat mengubah hidup Kamu dengan memulai hubungan yang sehat dengan diri Kamu sendiri sehingga Kamu dapat berada dalam hubungan yang lebih sehat dan bahagia dengan orang lain.

Jangan takut untuk mencari bantuan profesional untuk mengatasi kekhawatiran Kamu. Setiap orang bergumul dengan masalah pribadi dalam hal hubungan. Mendapatkan bantuan adalah tanda bahwa Kamu menanggapi masalah Kamu dengan serius dan ingin meningkatkan kualitas hidup Kamu. (@www.linkkoe.my.id)

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a comment

Note: only a member of this blog may post a comment.