Linkkoe My Id

Peristiwa, Literasi, Edukasi, Buku, Game, Tips, Serba-Serbi

Friday, 6 November 2020

Mengapa Kita Melakukan Apa yang Kita Tahu Buruk bagi Kita?

Posted by Admin on Friday, 6 November 2020

Mengapa Kita Melakukan Apa yang Kita Tahu Buruk bagi Kita?




Mengapa Kita Melakukan Apa yang Kita Tahu Buruk bagi Kita?


Mengapa Kita Melakukan Apa yang Kita Tahu Buruk bagi Kita? - Kita semua tahu apa itu kebiasaan buruk. Merokok, makan makanan yang tidak sehat, konsumsi alkohol berlebihan, dan menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak hanyalah beberapa hal yang ditanamkan ke dalam diri kita sebagai perilaku yang harus kita hindari untuk meningkatkan kesejahteraan kita secara keseluruhan.

Jika kita tahu kebiasaan buruk sangat merugikan kesehatan kita, mengapa kita terus melakukannya?

Mengapa Kita Tidak Bisa Menahan Kebiasaan Buruk

Kita semua menuruti perilaku yang kita tahu tidak baik untuk kita dan ada beberapa alasan mengapa kita melanjutkan kebiasaan ini.

Kebiasaan Buruk Memberi Kamu kenyamanan yang Kamu Butuhkan

Yang pertama adalah kebutuhan kita untuk merasa nyaman dan melakukan apa pun untuk mencapai keadaan ini.

Setiap tindakan yang Kamu lakukan memiliki tujuan di baliknya, bahkan jika Kamu tidak secara sadar menyadari apa itu dan tujuan tersembunyi yang paling umum adalah kenyamanan. Otak kita diatur untuk menjadi berbasis penghargaan dan 'hadiah' kita adalah perasaan nyaman yang, pada gilirannya, memicu pelepasan dopamin atau hormon 'perasaan baik'. Ini menyebabkan kita mendambakannya lebih banyak dan karenanya kita mengasosiasikan perasaan baik ini dengan kebiasaan buruk.

Ini menjelaskan mengapa kita terus menuruti kebiasaan buruk dan sulit untuk berhenti; rasanya nyaman dan pada dasarnya kita bisa eksis di 'zona aman' kita. Dengan kata lain, Kamu tertarik pada hadiah itu meskipun tahu itu buruk bagi Kamu.

Merokok saat istirahat kerja menyebabkan otak Kamu mengasosiasikan kebiasaan itu dengan kebebasan dari bekerja dan bersantai, atau minum alkohol dapat dikaitkan dengan melepaskan diri Kamu dan bersenang-senang setelah seminggu yang berat. Pikiran untuk berolahraga dan melakukan semacam usaha dikesampingkan di otak oleh pikiran yang 'lebih mudah' untuk duduk di sofa dan menonton program TV favorit Kamu. Jadi Kamu bisa melihat betapa mudahnya kebiasaan itu dikaitkan dengan imbalan.

Semua Orang juga Melakukan Kebiasaan Buruk

Kita juga cenderung merasionalisasi perilaku buruk kita jika masyarakat secara keseluruhan menganggapnya dapat diterima. Jika banyak orang melakukan hal yang sama, maka tidak masalah bagi kita untuk melakukannya juga. Tidak sulit menemukan kebiasaan buruk yang dapat diterima secara sosial. Ngemil, bolos olah raga dan bahkan merokok adalah hal yang banyak dilakukan orang.

Hal ini menyebabkan rasionalisasi batin ketika datang ke kebiasaan tidak sehat seperti " hanya satu lagi tidak akan merugikan" atau "Saya akan melakukan yang lebih baik minggu depan, saya baru saja mengalami hari yang menegangkan". Pembenaran pada saat ini cenderung didorong oleh rasa bersalah karena mengetahui bahwa kita mungkin tidak membuat keputusan terbaik dalam jangka panjang.

Kami juga mencari contoh yang memvalidasi keputusan kebiasaan buruk kami seperti " kakek saya merokok setiap hari dan hidup sampai dia berusia 90 tahun". Pikiran kita senang menemukan bukti yang mendukung keputusan kita, baik atau buruk.

Konsekwensi dari Kebiasaan Buruk yang Terus Berlanjut

Kebanyakan orang mengetahui konsekuensi dari jenis kebiasaan ini. Peringatan terpampang di bungkus rokok tentang terkena kanker. Pemerintah menyebarkan kampanye makan sehat dan kebutuhan untuk lebih aktif melalui iklan dan program TV. Tapi apa konsekuensi jangka panjang yang nyata dari kebiasaan buruk yang terus-menerus?

  1. Kanker, penyakit, dan kerusakan sel
  2. Ketidakbahagiaan dan depresi
  3. Kesejahteraan fisik yang negatif menyebabkan rasa sakit atau kelesuan
  4. Meningkatnya masalah fisik di kemudian hari

Sebagian besar bisa jadi halus dan bertahap artinya kita tidak menyadarinya dan dengan mudah mengabaikan keputusan kita saat ini. Tetapi dengan memperhatikan keputusan yang kita buat hari ini dapat menjaga kesejahteraan kita tetap tinggi dan konstan saat berinvestasi di masa depan kita.

Untuk lebih banyak contoh kebiasaan buruk yang umum dan bagaimana cara menghentikannya, bacalah artikel ini: 13 Kebiasaan Buruk yang Harus Kamu Hentikan Segera

Bagaimana Cara Menghentikan Kebiasaan Buruk Tersebut

Sulit untuk menghentikan kebiasaan yang sudah mendarah daging dalam kehidupan kita sehari-hari. Dengan stres yang terkadang menjadi pemicu utama kebiasaan buruk, solusinya terletak pada pemrograman ulang pikiran kita. Saya telah membahas ini di artikel saya yang lain Bagaimana Memprogram Pikiran Kamu untuk Menendang Kebiasaan Buruk , di sini izinkan saya berbicara secara singkat tentang solusinya:

Pertama-tama, perhatikan apa kebiasaan ini dan seberapa sering kita melakukannya. Apa sebenarnya yang memicu kebiasaan tersebut? Apakah ini keputusan yang tidak disadari untuk melakukannya? Pertanyakan mengapa Kamu mengembangkan kebiasaan ini sejak awal.

Kedua, buat komitmen pada diri sendiri bahwa Kamu ingin menghilangkan kebiasaan buruk ini. Sekarang Kamu mengerti apa yang mungkin memicunya, dapatkah Kamu menemukan sesuatu yang positif untuk menggantikannya? Misalnya, Kamu meraih cokelat setelah seharian bekerja keras. Bisakah Kamu menemukan camilan hadiah yang lebih sehat? Atau kurangi berapa kali Kamu diperbolehkan makan cokelat? Mungkin jika stres adalah pemicu Kamu, cobalah berlari dan berikan alasan lain pada otak untuk melepaskan dopamin.

Ketiga, konsisten. Kunci untuk membentuk kebiasaan baru adalah konsistensi. Ya, memang sulit untuk sementara waktu, tetapi otak Kamu segera beradaptasi dengan cara-cara baru dalam melakukan sesuatu sampai mulai terasa alami bagi Kamu. Ubah sistem penghargaan Kamu menjadi cara untuk merayakan dengan tetap berpegang pada kebiasaan positif baru Kamu.


Ini Semua tentang Mengkondisikan Diri Kamu ke Cara Berpikir yang Positif.

Menjalani hidup yang lebih bahagia dan lebih positif dimulai dengan kebiasaan yang kita pilih untuk dibentuk. Berhati-hatilah ke arah mana kebiasaan Kamu mengarah dan mulailah mengubah pola pikir Kamu menjadi salah satu investasi dalam kesehatan dan kesejahteraan Kamu. Ini bukan hanya untuk diri Kamu di masa depan tetapi juga untuk hidup saat ini dengan cara yang positif dan sehat. (@linkkoe)

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a comment

Note: only a member of this blog may post a comment.