Menu
Linkkoe My Id

Mengapa Saya Merasa Lelah Sepanjang Waktu? (Dan Cara Memperbaikinya)


Mengapa Saya Merasa Lelah Sepanjang Waktu? (Dan Cara Memperbaikinya)


Merasa Lelah Sepanjang Waktu



Mengapa Saya Merasa Lelah Sepanjang Waktu? (Dan Cara Memperbaikinya)Mari kita mulai dengan fakta bahwa ada alasan sehat untuk merasa lelah dan ada alasan tidak sehat untuk merasa lelah.

Jika Anda merasa lelah sepanjang waktu, itu pertanda baik Anda merasa lelah karena alasan yang tidak sehat. Merasa lelah setelah berolahraga, berlari, atau mengikuti kegiatan ekstrakurikuler adalah hal yang sehat. Tidak sehat merasa lelah setelah tidur selama 10 jam dan tidak memaksakan diri sepanjang hari.

Jika Anda merasa lelah sepanjang waktu, Anda mungkin menyadari produktivitas atau kemampuan Anda untuk fokus menurun. Pada artikel ini, mari kita bahas beberapa alasan paling umum Anda merasa lelah dan cara mengatasinya.

1. Tidak Merawat Diri Sendiri

Rasa lelah sepanjang waktu bisa jadi pertanda Anda kurang menjaga diri.

Pikirkan diri Anda sebagai kendaraan mewah favorit Anda. Agar mobil Anda tetap berjalan optimal, Anda memerlukan penggantian oli secara teratur, menggunakan bahan bakar berkualitas tinggi, dan mengikuti jadwal perawatan rutin. Jika Anda tidak mengganti oli Anda secara teratur, mobil Anda tidak akan efisien.

Jika Anda merasa lelah sepanjang waktu, periksa apakah Anda sudah mendapatkan tidur yang cukup. Apakah Anda tidur 8 jam yang direkomendasikan sehari? Jika tidak, itu bisa menjadi perubahan termudah yang dapat Anda lakukan dalam hidup Anda.

Sama seperti mobil, kualitas bahan bakar yang Anda masukkan ke mesin memengaruhi performa Anda. Apakah Anda mengonsumsi makanan yang penuh nutrisi atau Anda mengonsumsi kalori kosong? Semua energi tidak diciptakan sama. Bahkan jika Anda makan dengan jumlah kalori yang sama, Anda akan mendapatkan lebih banyak energi dari buah-buahan dan sayuran daripada dari kue dan es krim. Jika Anda merasa belum siap untuk mengubah pola makan, tempat yang baik untuk memulai adalah dengan mengonsumsi lebih banyak vitamin.

Terakhir, pertimbangkan berapa berat badan ideal Anda dan jika tidak, buatlah rencana untuk mencapainya. Jika tubuh Anda membawa-bawa bagasi ekstra, penelitian menunjukkan hal itu dapat berdampak negatif pada tidur, persendian, dan organ Anda. 

2. Berpura-pura Menjadi Sesuatu yang Bukan Anda

Mari kita sobek perbannya dan mulai berdiskusi. Jika Anda merasa lelah tidak lama setelah mulai bekerja, Anda mungkin telah menggunakan banyak energi mental dengan rekan kerja Anda.

Sama seperti aktivitas fisik yang dapat membuat Anda lelah dari waktu ke waktu, aktivitas mental juga dapat membuat Anda lelah. Kebanyakan orang mulai merasa lelah di penghujung hari kerja yang panjang. Ini normal. Anda telah menggunakan banyak sekali energi mental untuk membuat berbagai keputusan sepanjang hari. Jika keputusan Anda terbatas pada pekerjaan, kemungkinan besar Anda akan berhasil sepanjang hari sebelum merasa lelah. Jika Anda merasa lelah sepanjang waktu, berarti Anda tidak jujur ​​pada diri sendiri dan orang lain.

Ketika pekerjaan terlalu politis, Anda harus menghitung dengan hati-hati setiap langkah yang Anda ambil. Itu menambahkan sejumlah besar keputusan ke hitungan harian Anda. Hal yang sama juga berlaku untuk hubungan dalam kehidupan pribadi Anda. Jika Anda memiliki anggota keluarga yang sangat sensitif, Anda berjalan di atas kulit telur untuk memastikan Anda tidak menyinggung perasaan mereka.

Baik dalam kehidupan profesional atau pribadi Anda, jika Anda memaksakan diri untuk bertindak dengan cara yang tidak wajar, Anda akan merasa lelah sepanjang waktu. Di satu sisi, Anda hidup dalam kebohongan dan Anda tidak ingin tertangkap. Dan seperti kebanyakan kebohongan, Anda harus berhenti sejenak sebelum setiap interaksi untuk memastikan Anda tidak mengekspos diri Anda sendiri.

Dibutuhkan lebih sedikit energi untuk jujur ​​pada diri sendiri. Ketika Anda melakukan apa yang Anda alami, itu seperti Anda beroperasi dengan autopilot. Contoh bagusnya adalah energi yang Anda terapkan saat berkendara pulang. Sangat wajar bagi Anda untuk melamun saat mengemudi dan tetap pulang dengan selamat. Ketika segala sesuatunya begitu alami bagi Anda sehingga dapat dicapai oleh alam bawah sadar Anda, Anda sedang menyimpan energi mental untuk mengambil keputusan penting.

Idealnya, bercakap-cakap dengan rekan kerja atau anggota keluarga akan sealami mengedipkan atau menyikat gigi. Anda mengatakan apa yang muncul di benak Anda dan tidak ada yang perlu Anda pertimbangkan secara sadar.

3. Anda Membenci Sesuatu tentang Hidup Anda

Stres memang hal yang nyata sobat, tapi perlu diingat bahwa semua stres itu tidak buruk. Sama seperti merasa lelah, Anda tidak ingin merasa stres sepanjang waktu.

Beberapa penyebab umum stres akut adalah kehilangan pekerjaan, perceraian, atau kematian orang yang dicintai. Seperti yang Anda lihat, contoh-contoh ini adalah keadaan unik yang seharusnya tidak terjadi secara teratur. Namun, ketika stres membuat Anda merasa lelah sepanjang waktu, maka Anda menghadapi stres terkait aktivitas yang Anda lakukan sehari-hari. Pemicu paling umum ini adalah ketidakbahagiaan dalam pekerjaan Anda, merasa tidak aman dalam suatu hubungan, atau memiliki beban kerja yang berat.

Ada dua cara untuk mengatasi stres kronis dalam hidup Anda: Anda dapat menghilangkan stres dan Anda dapat mengelola stres.

Idealnya, ketika suatu aspek kehidupan membuat Anda merasa stres setiap hari, Anda harus menyingkirkannya dari hidup Anda. Memahami bahwa Anda mungkin tidak dapat menghilangkan aspek stres dalam hidup Anda dalam semalam, Anda mungkin lebih cocok untuk memulai dengan mengelola stres Anda. Apakah Anda berbicara tentang pekerjaan atau keluarga, mereka tidak selalu membuat Anda stres. Dengan berfokus pada apa yang paling membuat Anda bersemangat tentang pekerjaan Anda ketika Anda menerimanya, Anda dapat mengurangi stres yang ditimbulkan oleh pekerjaan Anda.

Apakah Anda bersyukur atas kemampuan untuk menafkahi keluarga Anda atau dapatkah persahabatan yang Anda bangun menjadi titik terang? Dalam hubungan yang tegang dengan keluarga dan teman-teman Anda, renungkan saat-saat ketika segalanya lebih baik. Bagaimana pasangan Anda membuat Anda berkata, "Saya bersedia" dan kapan teman Anda mendukung Anda ketika orang lain tidak? Jika Anda termasuk orang yang benar-benar tidak dapat mengingat saat-saat keadaan lebih baik, Anda perlu mengelola stres dengan membatasi interaksi Anda sampai Anda dapat menghilangkannya sama sekali.

4. Kemajuan Telah Berhenti

Jika masa depan Anda tidak lebih menarik daripada hidup Anda saat ini, Anda pasti akan merasa lelah sepanjang waktu. Salah satu hal terindah dan memotivasi tentang hidup adalah pertumbuhan. Dari semua perbedaan yang kita miliki, keinginan untuk tumbuh dan berkembang adalah sesuatu yang kita semua miliki.

Merasa stagnan dalam hidup Anda sendiri melelahkan. Kecil kemungkinan Anda merasa stagnan karena kurangnya usaha. Kemungkinan besar Anda mengerahkan banyak energi untuk mengubah hidup Anda, tetapi karena satu dan lain hal yang Anda miliki tidak mendekati tujuan Anda. Anda merasa seperti hamster yang berlari di atas roda. Meskipun hamster belum mendekati tujuannya, ia menggunakan energi untuk melakukannya. Jika Anda menghadapi perasaan ini cukup lama, Anda tidak akan berhenti berlari di atas kemudi; Anda akan berhenti berlari sama sekali.

Seperti yang telah disebutkan, ada sedikit yang lebih mengempis daripada perasaan bahwa Anda tidak bertumbuh. Terutama, jika Anda berusaha untuk mencapai hasil yang Anda inginkan.

Sesederhana kedengarannya, kehidupan yang Anda miliki adalah kehidupan yang Anda tahu cara menciptakannya. Tindakan dan keputusan yang menciptakan hidup Anda hari ini, tidak akan mampu menciptakan kehidupan yang Anda inginkan. Anda harus mengubah ritual dan kebiasaan yang Anda terapkan setiap hari untuk mengubah hidup Anda.

Seorang binaragawan memiliki ritual makan yang berbeda dari pegulat sumo. Namun, jika Anda tidak yakin tentang ritual salah satunya, Anda tidak dapat mengubah hidup Anda agar sesuai dengan ritual mereka. Anda harus meneliti dan mempelajari bagaimana binaragawan memilih makanan yang mereka makan, kapan mereka bangun, dan seberapa sering mereka berolahraga. Jika tujuan Anda adalah menciptakan hasil pegulat sumo, maka tidak bermanfaat bagi Anda untuk mencerminkan gaya hidup seorang binaragawan.

Hal yang sama berlaku untuk tujuan hidup Anda. Jika Anda tidak berkembang menuju hasil yang Anda inginkan, terapkan taktik seseorang yang berhasil menjalani gaya hidup yang Anda inginkan.

Kesimpulan

Jika Anda merasa lelah sepanjang waktu, Anda perlu mengambil langkah mundur dan mengenali apa yang membuat Anda merasa sangat lelah. Setelah Anda mengetahui penyebab masalahnya, ambillah langkah-langkah kecil untuk mengubah hidup Anda dari waktu ke waktu.

Jika kekurangan energi Anda terkait dengan perawatan yang buruk terhadap diri Anda sendiri, lakukan penyesuaian yang diperlukan untuk meningkatkan kesehatan Anda. Namun, jika kelelahan Anda didorong secara internal, Anda harus mengambil langkah-langkah untuk menyelaraskan tujuan internal Anda dengan tindakan eksternal Anda.

Menjadi diri sendiri adalah orang yang paling mudah. Mencoba menjadi orang lain bisa sangat melelahkan. Jika Anda merasa lelah sepanjang waktu karena Anda merasa tidak cukup membuat kemajuan, tinjau tindakan harian Anda dan sesuaikan.

Semakin banyak Anda belajar tentang diri Anda sendiri, Anda akan semakin siap untuk berhasil mengubah hidup Anda.

*Diolah dari berbagai sumber

Baca Juga

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.