Menu
Linkkoe My Id

Mengapa Kita Takut Mati dan Cara Mengatasinya


Takut Mati dan Cara Mengatasinya




Mengapa Kita Takut Mati dan Cara Mengatasinya

Anda mungkin terkejut dengan faktor-faktor yang mempengaruhi sikap kita terhadap kematian.

Ternyata cara kita berpikir tentang kematian dapat mempengaruhi cara kita berpikir dan bertindak dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa ketakutan akan kematian dapat memperkuat keinginan kita untuk membalas dendam dan kekerasan politik. Peserta Palestina, Israel, dan Korea Selatan diminta untuk berpikir tentang rasa sakit atau kematian pribadi, dan kemudian ditanya tentang pendapat mereka tentang bagaimana konflik politik tertentu harus diselesaikan. Mereka yang diingatkan akan kematian lebih cenderung mendukung aksi militer daripada mereka yang hanya memikirkan rasa sakit.

Takut akan kematian juga mempersulit kita untuk memproses kesedihan . Sebuah studi baru - baru ini menemukan bahwa mereka yang takut mati lebih cenderung memiliki gejala kesedihan yang berkepanjangan setelah kehilangan orang yang dicintai dibandingkan dengan mereka yang telah menerima kematian. Bagi petugas kesehatan yang merawat pasien yang sekarat, ketakutan mereka sendiri akan kematian dapat menghalangi komunikasi yang efektif dengan pasien dan keluarga mereka.
Ada beberapa hal yang mungkin secara halus, atau tidak begitu halus, mempengaruhi seberapa besar ketakutan kita terhadap kematian.




1. Orang yang lebih tua cenderung kurang takut akan kematian. Anda mungkin berpikir ini akan menjadi kebalikannya, tetapi pola ini telah ditemukan berkali-kali dalam studi penelitian. Kita cenderung berasumsi bahwa semakin tua seseorang, semakin dekat mereka dengan kematian, dan karena itu semakin takut mereka seharusnya. Namun yang menarik, usia yang lebih tua dikaitkan dengan lebih banyak penerimaan terhadap kematian .

Ini bisa jadi karena orang yang lebih tua telah mengalami lebih banyak kehidupan, sehingga mereka tidak terlalu takut kehilangan. Atau mungkin karena mereka lebih berpengalaman dalam menyaksikan dan menangani kematian orang lain.

2. Keyakinan agama meningkatkan ketakutan kita (tapi rumit). Ini satu lagi yang berlawanan dengan intuisi. Anda mungkin berpikir bahwa keyakinan agama, yang biasanya mencakup keyakinan akan kehidupan setelah kematian atau makna hidup yang lebih besar, akan membuat orang merasa lebih baik tentang finalitas kematian. Tetapi penelitian telah menemukan bahwa mereka yang memiliki religiositas yang lebih kuat , terlepas dari budaya atau agamanya, memiliki ketakutan yang lebih kuat terhadap kematian.

Tetapi perlu dicatat bahwa ada juga penelitian yang menunjukkan sebaliknya.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa, setidaknya di antara orang Barat, mereka yang paling takut mati adalah orang yang cukup religius . Baik orang yang tidak percaya maupun orang yang sangat religius tidak terlalu takut mati .

Mungkin menjadi orang yang cukup religius menempatkan orang pada "titik manis eksistensial" karena takut mati—mereka tidak sesantai orang yang tidak percaya, tetapi mereka juga tidak memiliki keyakinan kuat yang sama tentang kehidupan setelah kematian seperti yang dilakukan oleh orang yang sangat religius. Mungkin juga telur mendahului ayam—orang-orang yang sangat takut mati mencari agama sebagai mekanisme untuk bertahan, tetapi mereka tidak menjadi sangat religius.

3. Pengalaman dengan bahaya. Interaksi Anda dengan bahaya juga dapat mengubah ketakutan Anda akan kematian. Meskipun beberapa pengalaman membuat Anda kurang takut akan kematian, terlalu banyak dapat meningkatkan rasa takut Anda.

Berikut ini contohnya: Dalam sebuah penelitian yang sangat keren, para peneliti merekrut penerjun payung pemula, menengah, dan ahli untuk berbagi perasaan mereka tentang kematian. Tidak mengherankan, penerjun payung pemula, dengan rata-rata hanya 1 lompatan, takut mati. Penerjun payung tingkat menengah, dengan rata-rata 90 lompatan, tidak terlalu takut. Tapi—dan inilah bagian yang menarik—penerjun payung ahli, yang telah melompat lebih dari 700 kali, lebih takut mati daripada penerjun payung menengah.

Ini menunjukkan bahwa hanya mempertaruhkan kematian lebih banyak tidak mengurangi rasa takut Anda akan hal itu. Mungkin ada kurva belajar, di mana mendapatkan beberapa pengalaman membuat Anda merasa kurang cemas (mungkin karena Anda mendapatkan rasa kontrol yang lebih besar), tetapi mendapatkan banyak pengalaman membuat Anda lebih sadar bahwa Anda tidak bisa menipu kematian.

4. Kesehatan fisik. Yang ini tidak terlalu mengejutkan: Orang dengan kesehatan fisik yang lebih baik cenderung tidak terlalu takut mati. Para peneliti telah menemukan bahwa mereka yang memiliki kesehatan fisik yang lebih baik cenderung merasa ada lebih banyak makna dalam hidup. Mereka juga cenderung memiliki kesehatan mental yang lebih baik. Inilah faktor-faktor yang membuat mereka kurang takut mati . Di satu sisi, ini dapat mendorong bahkan bagi mereka yang tidak dapat mengontrol kesehatan fisik mereka. Mereka mungkin masih dapat menemukan makna dalam hidup dan bekerja pada kesehatan mental mereka untuk mengurangi ketakutan eksistensial mereka.

5. Gaya lampiran . Gaya keterikatan mengacu pada cara kita berpikir dan berperilaku dalam hubungan dekat. Ini dibentuk di awal kehidupan sehingga pada saat kita dewasa, kita biasanya cukup terbiasa dengan kehidupan kita. Orang yang terikat dengan aman cenderung menjadi pasangan yang percaya diri, dapat diandalkan, dan mendukung. Orang yang terikat dengan rasa tidak aman bisa menjadi terlalu cemas dan mengendalikan, atau menjauh dan angkuh, atau campuran keduanya.

Ketika berbicara tentang bagaimana perasaan mereka tentang kematian, orang-orang dengan gaya keterikatan aman lebih takut mati daripada orang dengan gaya keterikatan tidak aman. Ini menarik karena menunjukkan bahwa ada aspek hubungan dan keintiman dalam cara kita berpikir tentang kematian.

Apa yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi rasa takut akan kematian?

Semua penelitian ini menunjukkan bahwa rasa takut akan kematian mungkin berubah-ubah tergantung pada keyakinan dan pengalaman kita menimbulkan pertanyaan: Apa yang dapat kita lakukan untuk mengurangi rasa takut akan kematian?

Beberapa hal yang memengaruhi ketakutan Anda akan kematian, seperti usia Anda, tidak dapat dikendalikan. Dan kebanyakan dari kita mungkin tidak bisa (atau tidak mau) terjun payung 90 kali. Tetapi para peneliti telah menemukan beberapa hal lain yang mungkin dapat kita lakukan:

1. Membantu generasi berikutnya. Istilah "generativitas" mengacu pada kepedulian terhadap orang-orang muda dan keinginan untuk memelihara dan membimbing mereka. Ketika orang tua memiliki rasa generativitas yang lebih besar, mereka cenderung juga melihat kembali kehidupan mereka tanpa penyesalan atau kesedihan. Hal ini, dapat dimengerti, menyebabkan berkurangnya rasa takut akan kematian.

Bahkan jika Anda tidak memiliki anak atau cucu, Anda dapat memberi makan generativitas Anda dengan membimbing orang yang lebih muda dalam karier atau kehidupan. Anda dapat menjadi sukarelawan dengan program Big Brothers Big Sisters , atau menjadi tutor anak tetangga, atau membimbing seseorang di bidang karir Anda.

2. Jangan menghindari topik. Kita mencoba menghindari hal-hal, seperti kematian, yang membuat kita tidak nyaman, tetapi penghindaran dapat membuat hal-hal itu semakin besar dalam pikiran kita.

Sebuah studi menarik dengan direktur pemakaman menemukan bahwa mereka yang memimpin lebih banyak pemakaman tidak takut mati. Di antara dokter, lebih banyak pengalaman bertahun-tahun, dan lebih banyak terpapar kematian, juga menyebabkan berkurangnya rasa takut akan kematian. Tetapi bahkan jika Anda bukan direktur pemakaman atau petugas kesehatan, Anda masih dapat membiasakan diri dengan kematian dengan membaca tentangnya atau menjadi sukarelawan dengan organisasi yang merawat mereka yang menderita penyakit mematikan.

3. Memiliki (simulasi) pengalaman keluar dari tubuh atau hampir mati. Inilah salah satu yang menarik. Berbagai penelitian telah menemukan bahwa memiliki pengalaman keluar dari tubuh atau pengalaman mendekati kematian membuat orang kurang takut akan kematian. Dalam kasus pengalaman mendekati kematian , mungkin hal-hal yang kita hadapi tidak terlalu menakutkan bagi kita.

Dalam kasus pengalaman di luar tubuh , itu mungkin memberi kita perasaan bahwa kita hidup bahkan ketika kita terpisah dari tubuh kita. Meskipun Anda seharusnya tidak mencari pengalaman mendekati kematian (kami tidak ingin itu berakhir menjadi tidak terlalu dekat), Anda dapat mencoba program realitas virtual yang mensimulasikan pengalaman di luar tubuh.

4. Kembangkan makna hidup Anda. Nah, inilah tips yang menurut saya paling penting dan berdampak.

Kita tahu bahwa mengingatkan orang akan kematian mereka sendiri cenderung membuat mereka takut akan kematian. Tetapi jika seseorang merasakan perasaan yang kuat untuk memiliki makna dalam hidup, pengingat ini tidak mengganggu mereka .

Menumbuhkan makna dalam hidup bukanlah tugas yang sederhana, tetapi Anda dapat mulai dengan mengidentifikasi nilai-nilai Anda, yang merupakan kekuatan pendorong gambaran besar yang memandu bagaimana Anda menjalani hidup. Baik itu kreativitas , kesuksesan, atau ketenangan, curahkan gagasan tentang nilai-nilai yang paling penting bagi Anda dan atur hidup Anda dengan ide-ide ini dalam pikiran.

Mark Twain berkata, “Ketakutan akan kematian muncul dari rasa takut akan kehidupan. Seorang pria yang hidup sepenuhnya siap untuk mati kapan saja. ”

Ini sangat bijaksana ! Berdasarkan penelitian, saya pikir akan lebih tepat untuk mengganti "kehidupan sepenuhnya" dengan "kehidupan yang bermakna." Tapi bagi sebagian orang, mungkin ini sama saja. Tidak peduli seperti apa hidup Anda yang berarti, mulailah mengembangkannya sekarang, dan Anda akan terlalu sibuk dengan perasaan terpenuhi untuk takut mati.



*Arikel ini ditulis oleh Jade Wu, Ph.D., adalah psikolog kesehatan klinis dan pembawa acara podcast Savvy Psychologist. Dia berspesialisasi dalam membantu mereka yang memiliki masalah tidur dan gangguan kecemasan.

Baca Juga

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.